Jumat, 15 Juli 2011

Network Interface Card


NIC (Network Interface Card) 


 
Ethernet (Kartu Jaringan) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Asal Ethernet bermula dari sebuah pengembangan WAN di University of Hawaii padaakhir tahun 1960 yang dikenal dengan naman "ALOHA". Universitas tersebut memiliki daerah geografis kampus yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan komputer-komputer yang tersebar di kampus tersebut menjadi sebuah jaringan komputer kampus. Ethernet mentransmisikan data melalui kabel jaringan dalam bentuk paket-paket data yang disebut dengan Ethernet Frame. Sebuah Ethernet frame memiliki ukuran minimum 64 byte, dan maksimum 1518 byte dengan 18 byte di antaranya digunakan sebagai informasi mengenai alamat sumber, alamat tujuan, protokol jaringan yang digunakan, dan beberapa informasi lainnya yang disimpan dalam header serta trailer (footer). Dengan kata lain, maksimum jumlah data yang dapat ditransmisikan (payload) dalam satu buah frame adalah 1500 byte.
Jika dilihat dari kecepatannya, Ethernet terbagi menjadi empat jenis, yakni sebagai berikut :
1.       10 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Ethernet saja (standar yang digunakan: 10Base2, 10Base5, 10BaseT, 10BaseF)
2.       100 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Fast Ethernet (standar yang digunakan: 100BaseFX, 100BaseT, 100BaseT4, 100BaseTX)
3.       1000 Mbit/detik atau 1 Gbit/detik, yang sering disebut sebagai Gigabit Ethernet (standar yang digunakan: 1000BaseCX, 1000BaseLX, 1000BaseSX, 1000BaseT).
4.        10000 Mbit/detik atau 10 Gbit/detik. Standar ini belum banyak diimplementasikan.
Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

Ø  Ethernet Card (Kartu Ethernet)
Komputer yang belum memiliki port untuk LAN dapat menggunakan Ethernet Card yang di pasangkan pada slot ekspansi. Kartu jaringan ini memiliki port untuk koneksi kabel koaksial atau twisted pair. Konektor yang digunakan adalah BNC untuk kabel koaksial dan konektor RJ-45 untuk kabel twisted pair. Selain memiliki port untuk BNC dan RJ-45 ada pula kartu jaringan Ethernet yang memiliki konektor AUI yang dapat di koneksi dengan kabel koaksial, twisted pair, atau serat optik
Ø  LocalTalk Card
LocalTalk adalah kartu jaringan untuk komputer macintosh, ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke Port untuk printer. Kekurangan dari LocalTalk dibandingkan Ethernet adalah kecepatan laju transfer datanya, Ethernet bi Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perudahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan jaringan komputer yang terhubungan dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.asanya dapat sampai 10 Mbps, sedangkan LocalTalkhanya dapat beroperasi pada kecepatan 230 Kbps atau setara dengan 0.23 Mps.
Ø  Token Ring
Kartu jaringan Token Ring menggunakan port dengan tipe konektor 9 pin. Dan sama dengan Ethernet Card menggunakan konnektor BNC untuk kabel koaksial dan konnektor RJ-45 untuk kabel twisted pair, Token Ring jaringan ini hamper sama dengan kartu jaringan Ethernet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar